Monday, August 31, 2009

Chihuahua Puppy Characteristic

anak anjing chihuahua lucuAnjing Chihuahua memiliki dua varietas: berbulu lembut dan berbulu panjang. Chihuahua berbulu lembut memiliki bulu yang berkilau, lembut, dan pendek yang teksturnya merata pada seluruh tubuhnya, tapi sangat jarang pada daerah kepala dan telinga. Jenis berbulu panjang memiliki bulu yang lembut serta lebih panjang dari kerabatnya dan dapat sedikit keriting atau lurus serta teksturnya tidak merata – memiliki under-coat. Kedua tipe tadi bervariasi dalam warna misalnya cokelat, hitam, putih. Bulunya padat warna atau tricolor, dengan perontokan rata-rata.Chihuahua adalah anjing terkecil dari semua anjing keturunan (breed) dan memiliki perbedaan dengan tetuanya di Amerika. Anjing ini diberi nama setelah daerah Chihuahua di Meksiko. Dipercaya bahwa jenis ini diturunkan dari leluhur yang ukurannya lebih besar, dan dihormati keluarga kerajaan Aztec.
Anjing Chihuahua merupakan breed yang individualistic. Mereka memiliki sifat uniknya masing-masing, jadi hanya sedikit keumuman sifat yang dapat dibuat. Mereka sering diumpamakan sebagai “Chi”, yang enerjik, anggun, dan memperlihatkan ekspresi seperti manusia. Harapan hidupnya juga lebih panjang dibanding jenis lain yang lebih besar.Chihuahua merupakan anjing yang sangat penyayang dan loyal. Juga tipe yang bisa sangat “menempel” pada satu-dua orang. Mereka tegas, berani, dan sangat melindungi pemiliknya. Mereka berkembang pada lingkungan yang berkelimpahan perhatian. Secara alami anjing Chihuahua adalah pribadi yang gentle, penyayang, dan manis. Mereka juga waspada terhadap orang asing dan anjing pengawas yang hebat. Namun, ia tidak cocok untuk anak-anak dan hewan peliharaan lain, sedangkan untuk sesama jenisnya, mereka dapat bersosialisasi.anjing chihuahuaAnjing Chihuahua membutuhkan sedikit perawatan. Untuk varietas yang berbulu lembut hanya memerlukan penyikatan jarang. Sedangkan varietas berbulu panjang harus disikat beberapa kali seminggu dengan sikat bergerigi lembut. Keduanya hanya perlu mandi sekali sebulan dengan sampo yang lembut. Perhatikan, jangan sampai telinganya kemasukan air, karena kecenderungan untuk terkena infeksi telinga ada. Kebersihan giginya pun harus dijaga untuk mencegah kehilangan gigi. Masalah kesehatan yang sering dialaminya adalah masalah telinga dan sakit jantung. Chihuahua juga tidak tahan iklin dingin.
Anjing ini sulit dilatih namun bila latihan dilakukan dengan sabar, penuh cinta, dan konsisten ia bisa melakukannya dengan baik. Respon mereka sangat baik dengan lingkungan yang positif. Mereka juga dapat dilatih di rumah dengan menggunakan metode latihan dengan kayu maupun kertas. Olah raga yang butuhkannya pun dapat hanya dengan bermain indoor, tapi juga ia sangat menikmati berjalan-jalan di luar dengan pemiliknya. Jadi gunakan dog harness di lehernya saat jalan-jalan. Sosiaisasi yang meluas dan intensif yang dilakukan saat masih kecil adalah harus.

No comments:

Post a Comment