Tuesday, September 29, 2009

chihuahua secara fisik

Chihuahua ditemukan di Mexico tahun 1850. Pada zaman suku Aztec, ia merupakan binatang korban. Jika ada bangsawan dari suku Aztec yang meninggal, Chihuahua ikut dikubur bersama jenazah bangsawan tersebut karena anjing ini dipercaya dapat menuntun roh orang tersebut menuju surga. Ras yang kita ketahui sekarang ini berasal dari hasil kawin silang antara anjing Toltec, Chinese Crested dan Techichi
Chihuahua adalah anjing terkecil di dunia, kita pasti tahu itu. Berat badan Chihuahua dewasa berkisar antara 1 kg - 2,7 kg dengan tinggi badan sampai dengan 20 cm diukur sampai punggung.Anjing ini juga tidak terlalu cerewet, dia hanya menggonggong bila bertemu orang asing, sehingga sangat cocok dipakai sebagai alarm dog.
Chihuahua memiliki 2 jenis bulu; bulu pendek (smooth coat) dan bulu panjang (long coat). Keduanya dapat saling dikawinkan, tidak seperti anjing Dachshund atau Fox Terrier yang tidak boleh dikawinkan jika tipe bulunya berbeda. Seekor betina yang berkualitas biasanya dapat melahirkan antara 1-3 ekor anakan saja. Sering sekali proses melahirkan memerlukan bantuan seorang dokter hewan karena Chihuahua mudah sekali kelelahan. Kadang namun juga sering, Chihuahua harus melahirkan dengan proses Caesar.
Anakan Chihuahua yang baru lahir memiliki berat antara 60 gram sampai 90 gram dengan panjang badan sekitar 10 cm. namun tingkat kematian anak anjing ini juga sangat tinggi. Proses pertumbuhan Chihuahua terjadi dengan sangat cepat dibandingkan dengan jenis lainnya. Kadang ukuran tinggi badan Chihuahua umur 4 bulan sama dengan ukuran tinggi Chihuahua dewasa. Perhatian yang intensif sangat diperlukan oleh Chihuahua yang sedang tumbuh, karena 1 jam saja proses pertumbuhannya terganggu oleh penyakit, anjing tersebut akan kurang baik pertumbuhannya.
Pemeliharaannya terbilang mudah, terutama dari segi makanan. Untuk Chihuahua dewasa , hanya memerlukan 50 gram dogfood kualitas premium tiap harinya. Karena itu, anjing ini juga mengeluarkan kotoran yang sedikit pula. walaupun rumah anda berukuran kecil atau di apartemen yang sempit. Keunggulan lain, ia adalah anjing yang lucu dan manja pada pemiliknya.

No comments:

Post a Comment