Wednesday, September 2, 2009

Sejarah Anjing Siberian Husky

siberian husky cute puppiesAnjing Siberian Husky awalnya dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di Asia Timur Laut sebagai anjing penarik kereta. Dan pada tahun 1909, sejumlah anjing ini dibawa menuju Alaska untuk bertanding jarak jauh. Dari sinilah ketahanan dan kecepatan Siberian Husky mulai dikenal.
Ketika demam Diptheria menyerang kota Nome di Alaska yang merupakan daerah terpencil, dikirimlah tim estafet anjing untuk mengirimkan vaksin dari Neana yang jaraknya jauh. Salah satu pengendara, Leonhard Seppala, membawa Siberian Huskynya, yang adalah keturunan asli dari Siberia, ke Amerika Serikat. Ketika di Inggris, dia mengikuti pertandingan anjing penarik kereta dan membuktikan kembali kekuatan dari Siberian Husky yang mengalahkan anjing-anjing lokal lainnya. Negara Inggris memberikan penghargaan pengakuan terhadap anjing ras ini pada Tahun 1930 dan Klub Siberian Husky didirikan di Amerika Tahun 1938.
Sekarang ini, jumlah Siberian Husky di Amerika yang terdata meningkat tajam. Club Siberian Husky di Amerika sangat mengkhawatirkan mengenai peningkatan popularitas yang cepat dari ras ini membuat permintaan meningkat sehingga kualitas anjing ini terabaikan. Untuk menjaga kualitasnya, Siberian Husky Club of America menyarankan kepada para pembeli yang serius untuk mengontak anggota dari Club Siberian Husky di daerahnya masing-masing yang telah terdaftar. Para breeder yang telah terdaftar akan menentukan standar dari ras ini sesuai kode etik. Dalam lindungan para breeder yang bereputasi, para pembeli dijamin guna memberikan informasi yang tepat dalam penjualan dan konseling selama perkembangan anjingnya.
Sebagai tambahan, ada dua jenis ras Artic lainnya, yaitu Alaskan Malamute dan Samoyed. Ketiga jenis ras ini diakui oleh Amerikan Kennel Club. Ketiga jenis ini dibedakn dari semua variasi persilangan ras yang dikenal di husky Alaska. Kata husky sendiri adalah kependekan dari nama singkat Esky dari orang Eskimo dan disebutkan ke anjingnya. Nama Siberian Husky sendiri adalah ras yang satu-satunya diakui dimana kata ini telah menjadi bagian pada namanya sejak awalnya

1 comment: